Monday, October 7, 2013

Cara Aman Bermain Di Warnet


Cara Aman Bermain Di Warnet ~ Blog Area Share | Bagi kita yang tidak memiliki komputer dan jaringan internet sendiri, pasti memilih untuk bermain internet di warnet (alias Waroeng Internet). Mungkin sebagian orang juga merasa khawatir pada saat menggunakan jasa warnet ini, seperti contoh khawatir akan adanya Keylogger yang terpasang pada komputer client atau bisa juga khawatir dikerjain oleh sang OP warnet.

Mengakses internet memang mengasikan, selain mendapat beragam informasi berita, informasi keuangan, ataupun cuma sekedar ingin bermain game dan berinteraksi lewat web jejaring sosial. Internet juga merupakan tempat yang nyaman untuk mengisi luang kita.

Hampir semua pengakses warnet pasti melakukan autentikasi (memasukkan password) dalam penjelajahannya di dunia maya, baik itu untuk masuk ke dalam webmail untuk membaca email, atau masuk ke website jejaring sosial ataupun website lainnya yang mengharuskan autentikasi terlebih dahulu.

Buat Sobat yang biasa main internet dengan menggunakan jasa warnet ini ada beberapa cara aman bermain internet di warnet.
  • Pilih warnet yang sudah menggunakan deepfreeze atau software sejenis, dan jangan lupa minta tolong pada Sang OP warnet untuk me-restart PC sebelum anda menggunakannya.
  • Jika menggunakan Komputer Umum atau Warnet isi Password dengan menghidupkan fasilitas "on screen keyboard". Caranya klik "Start" pada komputernya, lalu pilih "All Program", kemudian pilih "Accessories" lalu klik "Easy of Access" lalu pilih "on=screen keyboard". Cara pengunaannya seperti ini; tampilkan halaman yang ingin Anda input password, lalu pada on-screen keyboard ketikkan password Anda, maka akan secara otomatis muncul di kolom pengisian password.
  • Jangan pernah menggunakan fasilitas "ingat password" apalagi pada komputer umum atau warnet. Sangat mudah untuk mencari daftar password yang pernah diingat oleh sebuah komputer!
  • Perhatikan process yang berjalan, mungkin Task Manager akan di disable, anda bisa gunakan CurrProcess (35KB) untuk melihat process yang berjalan. Memang butuh sedikit pengalaman untuk mengenali proses yang berjalan, tapi anda dapat lihat dari ProductName dan descripsinya... dan ini dia yang paling menakutkan bila ada keylogger/remote monitoring. Jikalau kita menemukan hal yang mencurigakan, tinggal Select Process, klik Kanan, Kill Selected Process (bisa multiple process).
  • Jika kurang paham tentang Exploring Process, bisa bisa menggunakan Anti-Keylogger Elite [Donlod ajah di Goole banyak] untuk membunuh keylogger (bila memang ditemukan adanya keylogger pada komputer tersebut).
  • Seandainya sang OP warnet tidak mengijinkan menginstall/menjalankan software atau memblokir situs tertentu (rapidshare, indowebster, katz, termasuk situs bokep, dll) Mendingan pindah aja!! Kareana penggunjung adalah Raja, jadi user memiliki hak untuk memilih warnet, warnet sekarang ada banyak seperi jamur di musim hujan.
  • Biasanya netadmin warnet mempunyai logging user browsing ke situs apa saja, jika kita takut ketahuan pada saat browsing ke situs bokep, kita bisa mencoba menggunakan webproxy misalnya http://proxy.org/
  • Pilih warnet yang benar-benar nyaman dan strategis posisinya, seperti contoh letak monitor membelakangi operator warnet, dan tidak terlihat bila ada orang mondar-mandir disamping. Bila perlu warnet yang pake KBU!
  • Jangan pernah berkata ke Sang OP warnet "filenya jangan dihapus ya mas.". Hal ini dapat membuat Sang OP akan curiga dan dia akan melakukan exploring file yang baru anda simpan.
  • Biasakan memasukkan password dengan cara copas.
  • Kosongkan cache bila sudah merayap di komputer umum. Caranya gini;
    [Untuk Mozilla] klik "Riwayat" yang ada pada tool bar bagian atas, pilih "Tampilkan Seluruh Riwayat" lalu hapus data "hari ini". Sudah pasti yang harus dihapus adalah data hari ini karena tidak mungkin Anda bermain di warnet selama dua hari penuh.

    [Untuk Internet Explorer] klik "Tool" lalu pilih "Belete Browsing History", checklist semuanya aja apalagi "Password", lalu klik "Delete".

    [Untuk Google Chrome] klik tanda gambar "List Menu" dipojokan sebelah address bar, lalu pilih menu "Riwayat" atau tekan Ctrl+H/CTRL+Shift+Del, setelah muncul riwayatnya klik "Edit Item" setelah itu klik kolom "Hapus Semua Data". Aman deh.
  • Selalu melalukan Log-Out bila ingin keluar dari server akses Anda. Jangan pernah Malas untuk yang satu ini!
  • Jangan mengklik link notifikasi yang dikirimkan ke email Anda, walaupun dari server yang sangat dipercaya semisal Google, Facebook dll karena bisa saja itu adalah pancingan dari hacker. Jadi gunakan cara copy paste. Copy linknya, paste pada tab baru. Pada umumnya server-server populer tersebut sudah menggunakan sistem keamanan "https" sehingga jika pada kolom paste tidak terdapat "https" dan hanya "http" biasa, sudah dipastikan jangan pernah Anda mengisi data Anda.

Itulah beberapa Tips/Cara Aman bermain di Warnet supaya kita bisa lebih berhati-hati jika berada di tempat yang bernama WARNET. semoga ulasan diatas bermanfaat bagi semua. Terimakasih....
[Diolah dari DiCariin  ]

Artikel Terkait

Cara Aman Bermain Di Warnet
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

July 24, 2015 at 6:41 AM delete

Kya.a nii pngalaman di warneet gan
Thanks buat tips.a gan
Ane sering kwarnet nii ϑαη rawan bgeet kyaa.a

Reply
avatar
August 1, 2015 at 1:47 AM delete

tapi kalo ngelarang buka situs porn mah atuh wajar aja gan kan di warnet banyak bocah2

Reply
avatar