Friday, March 18, 2016

Yuk Selamatkan Bumi! Hanya dengan Matikan Gadget 1 Jam Saja

Yuk Selamatkan Bumi! Hanya dengan Matikan Gadget 1 Jam Saja

Pernahkah kamu peduli dengan Bumi yang kita tempati ini? Planet tempat manusia bergantung hidup ini sudah teramat tua. Seperti halnya manusia, Bumi yang sudah berumur pastinya sudah mulai rapuh, lemah dan sumber daya energinya menipis.

Apalagi ditambah perlakuan manusia yang merusak Bumi, sehingga menyebabkan perubahan iklim. Yakni ancaman kehidupan di Bumi akibat pemanasan global. Salah satu cara menunda pemanasan global dan krisis lingkungan lain yaitu dengan mengajak setiap individu untuk mengubah gaya hidup. Salah satunya adalah melalui EARTH HOUR, apa itu?

EARTH HOUR: Yuk! Selamatkan Bumi, Matikan Gadget Selama 1 Jam

EARTH HOUR yang merupakan kampanye inisiasi publik, yang berupaya menyatukan masyarakat dari seluruh dunia untuk merayakan komitmen gaya hidup hemat energi dengan cara mematikan lampu dan alat elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam. Di tahun ke-8 di Indonesia, EARTH HOUR 2016 akan diselenggarakan pada hari Sabtu 19 Maret 2016, pukul 20.30 – 21.30 waktu setempat. Apa yang harus kita lakukan selama 1 jam tersebut tanpa gadget? Berikut adalah beberapa saran yang relatif sederhana, tapi cukup menyenangkan kok.

1. Matikan Gadget

Matikan sementara smartphone, tablet, laptop atau barang elektronik lainnya. Bikin kopi, teh hangat atau minuman kesukaan kamu, dan ngobrol secara langsung dengan orang yang kamu cintai.

2. Bermeditasi

Kita selalu sibuk dengan berbagai aktivitas, nah momen ini juga dapat kita manfaatkan sebagai waktu untuk menyendiri. Memikirkan dan merenungkan untuk menganalisis keadaan, menarik kesimpulan serta mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menyikapi atau menyelesaikan masalah.

3. Melakukan Sesuatu yang Kreatif

Tanpa gadget, tanpa TV juga memungkinkan kamu melakukan sesuatu yang kreatif yang sudah lama ingin kamu lakukan tapi tidak sempat. Seperti menggambar, menulis puisi dan lain sebagainya. Kamu bisa menunjukkan ke seluruh dunia setelah 1 jam habis.

4. Membaca

Kamu juga bisa menggunakan waktu untuk membaca buku atau serangkaian artikel tentang perubahan iklim dan isu-isu yang dihadapi lingkungan. Agar kamu lebih peduli lagi dengan Bumi tempat kita tinggal ini.

5. Melihat Bintang

Keluarlah ke suatu tempat yang tinggi dan melihat bintang-bintang dilangit, mengapa tidak?

6. Berkumpul dengan Teman

Kalian juga bisa gunakan waktu untuk berkumpulah dengan teman-teman, tapi bukan berkumpul seperti biasa. Tanpa gadget, kalian bisa lebih seru dalam bercengkrama, buatlah sesuatu karya yang menarik bersama atau lakukan permainan tradisional yang selama ini sudah kalian lupakan.

7. Buat Lebih Dekat dengan Keluarga

Terkadang kita terlalu sibuk dan selalu mementingkan diri sendiri. Kamu bisa gunakan sejenak waktu ini untuk menghela nafas panjang, dan membuka mata melihat sekeliling kamu khususnya untuk keluarga. Apa yang sudah kamu lewatkan selama ini?

Melalui EARTH HOUR, ini adalah langkah awal yang semoga membuat kepedulian kamu terhadap lingkungan bertambah. Belajarlah bersama-sama dan berkomitmen untuk mulai gaya hidup hemat energi, mudah dan murah kok. Mulai dari diri sendiri dan dari sekarang.

EARTH HOUR tidak hanya dilakukan selama 60 menit saja, tapi juga diikuti dengan perubahan gaya hidup setiap hari. Mulai dari menggunakan transportasi publik, bersepeda, hemat air, tidak buang sampah sembarangan, memilah dan daur ulang sampah, hemat kertas, hingga berkebun dan menanam pohon.

Artikel Terkait

Yuk Selamatkan Bumi! Hanya dengan Matikan Gadget 1 Jam Saja
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email