Monday, February 11, 2013

Cara Mudah Menambahkan URL Sumber Otomatis Pada Artikel yang DiCopas


 

Karena penggunaan script url source melalui tynt.com harus menempuh beberapa proses tetek bengek, dan juga berpengaruh pada loading blog, maka saya menawarkan penggunaan script langsung yang dapat anda tanam di bagian body.
Script ini awalnya terdiri dari dua jenis, PHP dan Javascript, dan biasa saya gunakan pada website berplatform WordPress. Dengan sedikit modifikasi dan memurnikan ke dalam javascript, script ini dapat digunakan pada Blogger. Mungkin anda pernah menemui script sejenis. Jika belum, dan tertarik, silahkan gunakan saja :)

<script type='text/javascript'>
function addLink(){var a=document.getElementsByTagName("body")[0];var b;b=window.getSelection();var c="<br/><br/> Sumber: <a href='"+document.location.href+"'>"+document.location.href+"</a><br/>Konten adalah milik dan hak cipta som-plak.blogspot.com";var d=b+c;var e=document.createElement("div");e.style.position="absolute";e.style.left="-99999px";a.appendChild(e);e.innerHTML=d;b.selectAllChildren(e);window.setTimeout(function(){a.removeChild(e)},0)}document.oncopy=addLink
</script>
a. Copy script di atas
b. Ganti teks pada bagian script yang berwarna merah sesuai dengan keinginan anda
c. Buka dashboard > template > Edit HTML
d. Letakkan di bagian body (antara <body> dan </body>). Agar tidak mengganggu kinerja script lain dan dimuat belakangan, letakkan tepat di atas </body> saja. Tag tersebut ada di bagian paling bontot alias paling bawah sebelum tag penutup </html>, jadi langsung scroooooooolll aja, bablaaaassss ke bawah.
e. Save template and done.

Note: Script ini akan bekerja pada berbagai jenis teks dan di manapun letaknya, jadi mungkin akan sangat mengganggu user apabila artikel di blog anda memuat script yang dibagi dan bebas dicopy. Jadi perlu diperhatikan betul penggunaannya.

Artikel Terkait

Cara Mudah Menambahkan URL Sumber Otomatis Pada Artikel yang DiCopas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email